Sabtu, 07 April 2012

Alat - alat Kesehatan


ALAT-ALAT KEDOKTERAN

Suntik1. Bedah Syringes
Sebuah jarum suntik terdiri dari sebuah pendorong dipasang ke tabung dengan lubang kecil pada salah satu ujungnya digunakan baik untuk menyuntikkan atau mengisap keluar cairan.
 berbagai jenis jarum suntik medis atau bedah, avaialble dalam berbagai ukuran, tergantung pada dosis obat yang akan disuntikkan ke dalam tubuh pasien.

Materials Bahan         
Laras jarum suntik entah terbuat dari kaca atau plastik. Biasanya memiliki tanda lulus yang menunjukkan volume cairan / obat cair dalam jarum suntik, dan selalu transparan. Kaca jarum suntik yang digunakan secara tradisional dan mereka dapat disterilisasi dalam autoklaf. Namun, di sebagian besar klinik dan rumah sakit modern, jarum suntik yang terbuat dari plastik dibuat dengan karet piston. Modern seperti jarum suntik yang sangat populer karena jenis ini jauh lebih baik segel jarum suntik antara piston dan laras. Selain itu mereka cukup murah untuk dibuang atau dibuang setelah digunakan hanya sekali, sehingga mengurangi resiko penyebaran penyakit yang terbawa darah. Kebanyakan jarum suntik sekali pakai yang sekarang. Jarum suntik sekali pakai dibuat menggunakan polypropylene kelas medis. Dengan menggunakan jarum suntik ini menjamin darah menghindari penyebaran infeksi seperti AIDS dan
Hepatitis C. Syringes yang biasa digunakan kembali adalah mereka yang digunakan oleh penderita diabetes dan ini dianggap aman, jika jarum suntik hanya dapat digunakan oleh satu orang.

Jenis jarum suntik       
Jarum Syringes : Mereka terbiasa dengan jarum suntik untuk menyuntikkan cairan obat ke dalam tubuh jaringan; proses pemberian obat-obatan ke dalam tubuh dengan jarum suntik dan jarum disebut suntikan.Jarum suntik juga dapat digunakan untuk menghisap keluar beberapa cairan dari rongga.       

Rectal and vaginal syringes: digunakan untuk administrasi atau douche
enema, terdapat bola lampu bohlam jarum suntik di mana dilengkapi dengan pentil, cair dipompa ke dalamnya, nossel dimasukkan ke dalam anus atau vagina dan bola lampu yang ditekan pada untuk injeksi.Ada air mancur jarum suntik di mana cairan dalam kantong atau dapat dan pergi ke nossel melalui pipa.Selain di atas, ada beberapa jarum suntik khusus seperti pena suntikan, jet injector, pompa yang digunakan sebagai suntikan untuk tujuan khusus atau perawatan khusus.

2. Jarum suntik

Jarum suntikSebuah jarum suntik adalah jarum berongga umumnya digunakan dengan jarum suntik untuk menyuntikkan zat ke dalam tubuh. Mereka mungkin juga dapat digunakan untuk mengambil sampel cairan dari tubuh, misalnya mengambil darah dari vena.

Mengapa diperlukan? 
Kebutuhan jarum suntik muncul ketika substansi / pengobatan tidak dapat diserap oleh sistem pencernaan atau jika substansi perlu disampaikan langsung ke dalam tubuh. Jarum dapat digunakan untuk injeksi subkutan, intra berotot injeksi, atau injeksi intravena.Jarum suntik juga digunakan untuk injeksi ke dalam sendi (intra-artikular injeksi), CSF (injeksi tulang belakang) atau ke dalam kulit sendiri (intradermal injeksi).   

menggunakan jarum Single    
Semua jarum suntik yang digunakan saat ini dimaksudkan untuk penggunaan tunggal sebagai mereka sulit untuk membasmi hama dan perlu diasah sebelum digunakan kembali. Oleh karena itu semua jarum suntik sekali pakai.Lebih lanjut menggunakan kembali atau berbagi jarum dapat menyebabkan darah-borne diseases termasuk AIDS dan
hepatitis C.

Jarum ini biasanya terbuat dari stainless steel, ujung jarum miring untuk menciptakan ujung runcing tajam untuk lebih mudah penetrasi.        

Ukuran jarum
Ukuran jarum dinyatakan sebagai ukuran yang adalah diameter luar jarum.Panjang jarum dinyatakan pada kemasan dan alat ukur sering ditandai dengan warna konektor plastik.Untuk setiap ukuran, berbagai jarum panjang yang tersedia.          

Ada beberapa sistem untuk mengukur jarum, termasuk Skala Catheter Perancis dan Gauge Needle Rintisan untuk kode warna jarum suntik.
3. Gunting Bedah
GuntingSebuah komponen yang diperlukan nampan bedah, gunting bedah datang dalam kategori benda tajam. Mereka digunakan untuk memotong atau membedah jaringan. Mereka juga digunakan untuk memotong jahitan dan perban dll Gunting diperlukan untuk semua jenis operasi. Dan ada gunting khusus untuk setiap prosedur. Gunting bedah selalu dibutuhkan dalam setiap prosedur pembedahan dan dihargai untuk kekuatan dan desain dual-tepi yang tidak ditemukan di pisau bedah dan pisau tradisional. Ini alat pemotong presisi tinggi diproduksi dengan spesifikasi tertinggi dan dapat autoclaved beberapa kali sebelum muncul tanda-tanda korosi.

Materials Bahan
  • Stainless Steels Stainless Baja
  • Zirconia Ceramic Zirconia Ceramic
  • Nitinol Nitinol
  • Titanium Titanium
Fitur-fitur       
Ketika memilih bahan konstruksi bedah gunting, mempertimbangkan sifat berikut:
  • Bentuk kontrol selama mengobati panas.
  • Ketahanan korosi.
  • Wear Perlawanan.
  • Pengaruh karakteristik titik atau tepi.
  • Ketangguhan atau shock perlawanan.
  • Ukuran dan selesai.
Gunting bedah variasi            
Gunting bedah yang tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mereka tersedia dalam berbagai konfigurasi seperti
  • Bent
  • Melengkung
  • Bengkok
  • Besar
  • Kecil
  • Lurus
  • Melengkung atau lurus tips
  • Pisau yang berbeda dan menangani panjang
  • Tumpul / tajam pisau
  • Tajam / tajam pisau
  • Tumpul / tumpul bilah
  • Bergerigi dan pedang bermata lurus dll
Ahli bedah ini memberikan berbagai pilihan untuk memilih dari ketika merencanakan strategi pemotongan bedah.
4. Surgical Gloves
Sarung tangan bedah adalah item perlengkapan pelindung untuk para dokter dan ahli bedah lebih banyak untuk pasien. Sarung tangan mengurangi resiko terkena patogen untuk pekerja kesehatan maupun pasien. Setiap petugas kesehatan mengenakan sarung tangan jika ada kemungkinan tangan datang di kontak dengan bahan infeksius, selaput lendir atau kulit yang tidak utuh, saat melakukan prosedur akses vaskular, dan saat memegang benda-benda atau permukaan yang terkontaminasi.            

Sarung tangan perlu diubah pada setiap instance dari mendapatkan terkontaminasi. Tambahan tindakan pencegahan adalah bahwa tangan harus dicuci setiap kali sebelum memakai dan setelah melepas sarung tangan.          

Jenis sarung tangan    
Sesuai penggunaan ada dua kategori besar sarung tangan: grade atau pemeriksaan medis sarung tangan yang steril dan non-kelas sarung tangan bedah yang steril.        

Medical-grade sarung tangan diproduksi dengan lateks karet alam atau karet sintetis bahan, seperti vinil, neoprene, nitril, poliuretan atau senyawa sintetis lainnya. Sementara memilih jenis sarung tangan pemeriksaan sifat materialnya harus dipertimbangkan. Sarung tangan vinil dapat digunakan untuk jangka waktu singkat tugas di mana tekanan pada sarung tangan dan paparan cairan tubuh kurang. Sebaliknya sarung tangan karet dapat digunakan bila terkena cairan tubuh lebih. Mereka juga lebih tahan lama dan fleksibel.       

Salah satu harus lebih selektif ketika memilih sarung tangan bedah. Mereka dapat lateks atau sintetis dan seleksi sesuai dengan preferensi pribadi dan persyaratan prosedur. Standar lateks putih, bedak-bebas lateks, ortopedi lateks (bahan lebih tebal) adalah beberapa jenis yang umum digunakan.    

Fitur sarung tangan bedah
  • Mudah mengenakan dan penghapusan.
  • Lembut dan nyaman digunakan.
  • Aman pegangan dan penanganan.
  • Allergenicity rendah.
Sarung tangan bedah dibuat mempertimbangkan berbagai formulasi yang luas dan fitur, mengurangi memastikan konten alergi. Sarung tangan ini memberikan perlindungan penghalang yang sesuai untuk semua profesional kesehatan.





5. Resuscitators Resuscitators
ResuscitatorsSebuah resuscitator adalah perangkat menggunakan tekanan positif menggembungkan paru-paru orang yang tidak sadar yang tidak bernapas, dengan harapan orang menjaga oksigen dan hidup. Membentuk salah satu bagian yang paling penting dari setiap emergency kit. Resuscitators biasanya terbuat dari karet silikon dan autoclavable.

Beberapa jenis resuscitators sedang digunakan di rumah sakit dan unit kesehatan: Mereka adalah sebagai berikut:
  • Tangki otomatis resuscitator: ini terdiri dari masker wajah yang sesuai erat di atas hidung dan mulut. Hal ini dihubungkan dengan tabung untuk satu atau lebih tangki gas. Melalui tindakan katup otomatis, bertekanan memasuki masker oksigen. Tangki kedua juga ada yang mengandung karbon dioksida, sejumlah kecil yang dicampur dengan oksigen, dan itu berfungsi untuk mengaktifkan pusat pernapasan di otak.
  • Manual Resuscitator juga dikenal sebagai tas topeng memiliki masker dan tangan meremas bola plastik. Udara ambien diperas untuk topeng melalui bola lampu. Kantong pernapasan menggunakan sumber oksigen bukan udara. Ini menggunakan regulator untuk memberikan oksigen dari tekanan tinggi tangki oksigen. Hal ini dapat langsung harus terpasang ke tabung pernapasan jika berada dalam tempat. Tidak seperti tangki otomatis resuscitators, di sini aliran oksigen diatur oleh operator.
Ukuran
Ukuran standar dan kapasitas yang diberikan di bawah ini:
\Ukuran
Kapasitas bawah Oksigen
Reservoir Kapasitas
Dewasa
1500ml.
2600ml.
Anak
500ml.
700ml.
Bayi
500ml.
250ml.

Resuscitators memiliki konstruksi yang sederhana dan aman yang membuat mereka cocok untuk digunakan dalam situasi akut. Resuscitator manual adalah yang paling umum digunakan oz juga praktis untuk penggunaan rutin di rumah sakit seperti pasien selama transfer dari Perjanjian Lama ke ICU atau departemen lain atau sebagai cadangan untuk ventilator dan mesin anestesi. Resuscitator Manual biasanya memiliki sistem ventilasi untuk keamanan dan kemudahan penggunaan. Kebanyakan resuscitators yang dapat digunakan kembali dan dapat disterilisasi oleh autoclaving.

6. Bedah Elevator
LiftLift adalah tulang serbaguna peralatan yang digunakan untuk mengangkat, membedah, atau mengikis tulang. Lift tertentu digunakan untuk jaringan dan lift.   
Mereka digunakan untuk mengupas bagian-bagian dari membran (periosteum) yang menutupi permukaan luar tulang. Lift Periosteal digunakan untuk trauma, tulang punggung dan tulang dan jaringan lunak prosedur. Mereka adalah peralatan seimbang dengan kekerasan yang cukup untuk mempertahankan tepi tajam. Dalam operasi lisan, mereka digunakan untuk memisahkan gigi atau tulang dari lingkungan fibrosa. Periosteal Elevator juga digunakan untuk mengakses root dan dapat juga digunakan sebagai retractor.

Root lift sangat penting untuk setiap operasi gigi. Mereka bertindak sebagai tuas dalam ekstraksi gigi. Sebuah lift mengendur akar gigi dalam rongganya, menghilangkan bagian-bagian dari gigi dan dapat digunakan untuk menghapus gigi lengkap. Root lift muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk. Akar lurus lift sudah bekerja berakhir sejalan dengan pegangan dan permukaan cekung.

Sekop / wedge-jenis akar lift telah sekop atau wedge-jenis kerja berakhir. Dalam sebuah tipe akar ngled pegangan lift sejalan dengan pisau, tapi kerja ditetapkan berakhir pada sudut. Lift ini dirancang untuk mengangkat gigi atau akar besar fragmen. Akar apikal tip memilih lift digunakan untuk menghilangkan akar patah tips bersarang di root dalam soket.

Wajah yang membentuk tulang pipi disebut malang zygoma atau tulang. Cedera tulang ini sering menyebabkan fraktur depresi. Jika hal ini terjadi, dokter gigi akan menggunakan lift untuk menaikkan malang tulang ke posisi normal

7. Jahit bedah
TangJahitan, atau jahitan, adalah bahan yang digunakan untuk menutup luka. Mereka digunakan dalam usaha untuk meningkatkan dan mempercepat penyembuhan. Menarik tepi luka dijahit bersama-sama dan membantu dalam proses penyembuhan. Jahitan digunakan untuk menutup luka dari cedera atau pembedahan. Mereka umumnya digunakan pada kulit, jaringan internal, organ, dan pembuluh darah.

Berbagai jenis bahan dapat digunakan untuk menutup luka tergantung pada gaya luka, lokasi dan kedalaman dalam tubuh. Bahan dapat lem khusus, staples, protein hewani atau benang seperti bahan. Biasanya, terdiri dari bahan benang
  • Polyester
  • Sutra
  • Nilon
  • Kawat baja stainless
Teknologi jahit
  • Dikepang
  • Plain
  • Monofilamen
Jenis jahitan
Jahitan ini dapat lebih lanjut
  • Diserap jahit: The diserap yang bisa dilarutkan dalam tubuh mereka sendiri dan tidak memerlukan penghapusan.
  • Non diserap jahit: non diserap yang harus dihapus setelah jangka waktu tertentu. Jenis jahitan ditentukan lagi oleh lokasi luka.

Lapisan internal dijahit oleh jahitan diserap dan atas atau mungkin kulit dijahit oleh non jahitan diserap. Lokal atau anestesi umum harus diberikan kepada pasien sesuai persyaratan sebelum menjahit.

Fitur-fitur
  • Tubuh jahitan halus.
  • Tubuh jahitan tidak menyebabkan reaksi kapiler dan menolak.
  • Karena kelembutan jahitan, tidak akan robek pada jaringan.
  • Mudah untuk simpul dan simpul diikat teguh.
  • Memecah kekuatan jahitan dan simpul yang kuat.
  • Jahit dibuat perusahaan, yang terbaik bagi penyembuhan pasien tanpa keuletan.
Tergantung pada organ tubuh manusia yang berbeda dan lokasi operasi, berbagai jenis dan ukuran jarum jahit dipilih. Fitur yang umum adalah bahwa tubuh mulus, tipe titik tajam, dan tidak menimbulkan rasa sakit kepada manusia.


Jahitan Nonabsorbable Fitur
Semua nonabsorbable jahitan dibuat dengan mengingat beberapa karakteristik mendasar, seperti berikut:
  • Uniform diameter
  • Ukuran seragam
  • Kemandulan
  • Kelenturan untuk kemudahan penanganan
  • Simpul keamanan
  • Uniform kekuatan tarik
  • Kebebasan dari iritasi atau kotora

8. Bedah retraktor
Sebuah retractor adalah alat bedah yang digunakan untuk menahan organ-organ dan jaringan yang mendasarinya, sehingga bagian tubuh di bawah sayatan dapat diakses. Hal ini juga digunakan untuk memisahkan tepi bedah sayatan atau luka. Bedah retraktor tersedia dalam berbagai ukuran , bentuk, dan gaya. Bedah retraktor digunakan dalam prosedur pembedahan yang berbeda. Retraktor digunakan selama operasi untuk membantu dokter dengan menggerakkan jaringan dan organ-organ dari daerah atas mana operasi harus dilakukan. Ada banyak peralatan bedah baru seperti listrik pisau bedah dan pisau bedah laser muncul di pasar sebagai hasil yang telah menjadi sangat penting untuk memodifikasi desain dan konstruksi retraktor bedah.

Retraktor bedah sangat penting karena mereka menentukan eksposur operasi lapangan. Seorang ahli bedah terbaik memerlukan pemaparan mungkin sambil menimbulkan minimal trauma pada jaringan sekitarnya. Pegangan dari kait retractor dapat dibentuk, berkumai, atau berbentuk cincin untuk memberikan pemegang mencengkeram tanpa melelahkan. Baling-baling dari retraktor berada pada sudut kanan ke poros. Bilah dapat halus, menyapu, atau terpikat.          

Bahan
Bahan yang umum digunakan dalam pembuatan retraktor adalah stainless steel. Stainless steel lebih disukai karena kekuatannya dan kemampuannya yang akan disterilkan. Namun, ada beberapa kekurangan dari stainless steel retraktor seperti mereka menjadi sangat licin ketika mereka datang ke dalam kontak dengan darah dan cairan tubuh lain yang dapat mengakibatkan kerusakan jaringan selama operasi. Selain itu, stainless steel juga sangat konduktif termal yang juga mengakibatkan cedera jaringan karena cepat menyerap panas dari jaringan yang terjadi kontak. Kelemahan lain adalah bahwa mereka memiliki permukaan reflektif yang menghasilkan cahaya di bawah pencahayaan tingkat tinggi yang sangat umum selama prosedur pembedahan.
Untuk mengatasi kelemahan ini, bahan polimer yang digunakan dalam pembuatan retraktor bedah. Seperti bahan polimer termasuk
  • Polyetherimide
  • Polyimide dan
  • Bahan termoseting
Perlu dicatat bahwa setiap bahan konstruksi bedah retraktor adalah bahwa
  • Harus sterilizable
  • Harus autoclavable
untuk memungkinkan proses sterilisasi yang diperlukan sehingga mereka dapat digunakan kembali untuk multiple, berturut-turut prosedur pembedahan.

Mempertahankan diri retraktor
Retraktor mempertahankan diri tidak perlu seorang asisten untuk menahan mereka di tempatnya. Retraktor diri terus mempertahankan jaringan terpisah dan mengunci di tempatnya. Rib Spreaders come in this category. Rib penyebar datang dalam kategori ini. Mereka memegang rusuk terpisah selama pembedahan perut ketika diperlukan organ ini terletak di dalam tulang rusuk.

Tangan memegang retraktor membutuhkan seorang asisten untuk menahan mereka tetapi tetap mempertahankan diri yang tidak begitu mereka di posisi disesuaikan. Metode yang benar menggunakan tangan-diadakan retractor adalah bahwa hal itu harus dipegang oleh para menangani dengan baik sehingga menghasilkan maksimal dari daerah pembedahan, maksimum leverage, dan mantap penyusutan.

Setiap jenis bedah retraktor memiliki sifat spesifik sesuai dengan penggunaan. Sebagai contoh:
  • Selama operasi, jaringan jaringan terus flaps retraktor dari situs pengobatan. Hal ini memberikan visibilitas lebih baik, jangkauan dan tidak terganggu bekerja. Beberapa retraktor mungkin memiliki garpu seperti Prongs. Hal ini memungkinkan penanganan jaringan tanpa menyebabkan banyak kerusakan.
  • Pipi Retractor: retraktor ini dirancang untuk menahan dan menarik kembali pipi, lidah, atau sebagian dari mukosa selama prosedur pembedahan. Yang retraktor terbuat dari logam atau plastik, dan mungkin besar, lengkung, atau siku.
  • Retractor Senn sederhana.
  • Yang Deaver lebih eksotis.
  • The Hohmann adalah retractor ortopedi.
  • Tentara-biru adalah berbilah retractor.
  • Rake retraktor yang bercabang.
  • Common retraktor mempertahankan diri adalah weitlaner dan gelpi. Adsons dan juga menggunakan balfours.
Tergantung pada berbagai bagian tubuh yang perlu dioperasikan, ada nama yang berbeda diberikan kepada retraktor seperti berikut:
  • Paru Retractor
  • Perut Retractor
  • Kulit Retractor
  • Kelopak mata Retractor
  • Cerdik Ryall Retractor
  • Kepala Retractor
  • Pin Retractor
  • Vertikal Retractor
  • Kerucut Retractor
  • Arteri Retractor
  • Fan Blade Retractor
  • Vagina Retractor
  • Laminektomi Retractor
  • Thyroid Retractor
  • Nerve Root Retractor dll



9. Electrosurgical Blades
BladesCukur yang besar Electrosurgical permukaan elektroda aktif yang digunakan oleh ahli bedah untuk insisi. Mereka mirip dengan bilah pisau bedah, tetapi terikat pada frekuensi radio yang sesuai sumber. Keuntungan utama menggunakan pisau untuk operasi electrosurgical adalah bahwa mereka membakar pembuluh darah kecil seperti pisau menembus jaringan.

Bahan
Sebelumnya mata pisau stainless steel yang ditempatkan di kontak listrik dengan "pasien piring". Para "pasien piring" yang terhubung ke tanah terminal sumber Radiofrequency, sementara pisau pemotong dihubungkan dengan "panas" terminal sumber Radiofrequency. Radio-frekuensi arus mengalir dari ujung pisau memotong ke "pasien piring "melalui pasien. Pisau yang digunakan hari ini berkonsentrasi frekuensi radio lapangan untuk segera sekitar pisau. Sehelai memiliki bahan isolasi dengan elektroda RF berdekatan satu sama lain. Baling ini memerlukan daya yang lebih rendah dan yang pasti lebih aman.

Sebuah electrosurgical pisau, yang digunakan dalam electrosurgery, terdiri dari sebuah tubuh yang memiliki setidaknya satu unsur konduktif yang ditutupi oleh lapisan isolasi, kecuali pada sebagian dari tepi konduktor unsur konduktif. Electrosurgical energi mengalir melalui pisau untuk memfasilitasi electrosurgical memulai atau memulai electrosurgical proses. Pisau begitu dirancang untuk mencegah pengiriman electrosurgical berlebihan energi untuk menghilangkan atau mengurangi produksi asap dan mengurangi kerusakan jaringan

10. Tamak Forsep
Tamak ForsepTamak forseps digunakan untuk mengeluarkan batu-batu dan menghilangkan benda asing di bawah penglihatan langsung. Forseps ini tiga atau dua cabang dengan tips ketagihan. Desain biasa ini memungkinkan objek yang akan dilepaskan dengan mudah. Kait memfasilitasi aman menangkap kedua besar dan benda-benda kecil. Menusuk kawat yang dibulatkan untuk memungkinkan manipulasi atraumatic. Mereka dapat dengan mudah melewati endoscopes fleksibel.

Fitur dan manfaat
  • Mereka cengkeraman batu terus aman.
  • Mereka berkenan dengan mekanisme penguncian eksklusif.
  • Kemajuan dan penyusutan forsep seperti hampir gesekan-free.
  • Memegang tangan forsep secara signifikan mengurangi kelelahan.
  • Penguncian yang unik menggenggam gagang forsep memberikan kenyamanan dan keamanan.
  • Seorang tiga atau empat-cabang desain kail forsep seperti ahli bedah memberikan kontrol yang lebih besar selama pengambilan batu.
  • Graspers ini melekat ke permukaan batu dengan aman tetapi juga dapat dengan mudah dilepaskan.
  • Mereka dapat digunakan kembali karena mereka autoclavable.
  • Tamak forsep berguna untuk memanipulasi jaringan, debridement dan pengambilan benda asing.
  • Ujung runcing memungkinkan untuk visualisasi dari jaringan target.
  • Mereka sangat baik untuk kedua baik dan lebih besar membran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar